Destinasi Wisata di Kebun Raya Bogor



kebun raya bogor
Pintu Masuk Utama

Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan bagian dari 'samida' (hutan buatan atau taman buatan) yang paling tidak telah ada pada pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) dari Kerajaan Sunda, sebagaimana tertulis dalam prasasti Batutulis. Hutan buatan itu ditujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka. Di samping samida itu dibuat pula samida yang serupa di perbatasan Cianjur dengan Bogor (Hutan Ciung Wanara). Hutan ini kemudian dibiarkan setelah Kerajaan Sunda takluk dari Kesultanan Banten, hingga Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya pada pertengahan abad ke-18.


tiket masuk kebun raya bogor
Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor,
jangan dijadikan patokan karena setiap saat bisa berubah

Kebun Raya Bogor adalah salah satu ikon tempat wisata di Bogor. Sebuah kebun raksasa dan berusia tua berdiam di tengah Kota Bogor. Jaraknya sekira 60 km dari selatan Jakarta atau hanya satu jam berkendara dari rimba beton Ibu Kota. Lokasi persisnya ada di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Bogor memang istimewa bagi Bogor yang dulu dikenal sebagai "Buitenzorg" atau "Bebas Perawatan". Sebuah kota dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun dan iklim yang lebih dingin dibandingkan Jakarta tentunya. 

kebun raya bogor

Kebun Raya Bogor berada di lahan seluas 87 hektar menawarkan untuk Anda keberadaan dari 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon dari seluruh negara tropis, dan rumah anggrek dengan 3.000 varietas. Bayangkan dengan jumlah seperti itu membuat Kebun Raya Bogor sebagai pelabuhan untuk 3.504 jenis tumbuhan dalam 1.273 genus dan 199 species.

Kebun raya Bogor atau sering disebut juga Bogor Botanical Garden, ini hasil inisiasi oleh Sir Thomas Stamford Raffles tahun  1811-1816. Raffles saat menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda mendatangkan tanaman dari Kebun Raya Gardens Kew di Inggris kemudian ditanam dikebun ini. Raffles pertama kali hanya membuat kebun berukuran kecil untuk mengingatkan pada istrinya. 


kebun raya bogor
Monumen Olivia Raffles, dipercaya sebagai titik sentral kota Bogor
Kebun Raya Bogor kemudian diperluas dan dikembangkan hingga peresmian awalnya pada 18 Mei 1817 dengan nama awalnya s’Lands Plantentuin te Buitenzorg. Ahli botani yang berjasa dalam pendiriannya adalah Prof. Dr. C. G. C. Reindwart yang berkebangsaan Jerman. Reinwardt juga menjadi perintis di bidang pembuatan herbarium. Ia kemudian dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense.


kebun raya bogor
Monumen Reinwardt
Kebun Raya Bogor awalnya menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting pertanian dan kini berfungsi sebagai tempat konservasi tanaman dan sebuah pusat penelitian untuk taksonomi dan utilisasi pabrik. Dalam hortikultura, kebun berfungsi sebagai tempat studi adaptasi tanaman, penanaman dan pengembangan tanaman. 

Selain Kebun Raya Bogor, ada juga Istana Bogor, yang dibangun oleh Gubernur Jenderal van Imhoff dan menjadi kediaman Raffles selama berada Nusantara. Pada 1954, Istana ini menjadi tempat bersejarah dalam Konferensi Bogor yang dihadiri oleh Perdana Menteri Indonesia (Ali Sastroamidjojo), India (Jawaharlal Nehru), Ceylon (Sir John Kotelawala), Pakistan (Mohammed Ali) dan Burma (U nu), dalam persiapan dan untuk menyetujui diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pertama di Bandung pada April 1955.

Baca juga tentang Istana Bogor bisa baca disini

kebun raya bogor
Bung Karno bersama Istri dan Bung Hatta di Taman Anggrek, sumber krbogor.lipi.go.id
Tempat wisata di Bogor ini buka setiap hari bagi pengunjung. Tidak jauh dari gerbang pintu masuk utama, terdapat papan informasi pengunjung. Terdapat jalan setapak beraspal untuk berjalan-jalan di waktu luang sambil mengagumi pohon-pohon berusia tua atau berjalan di bawah dedaunan dan mendengarkan aliran arus sungai yang deras di atas batu-batu besar. 


Papan Informasi
Kebun Raya Bogor memiliki beberapa cabang yaitu di Jawa, Sumatera dan Bali, dan yang paling indah adalah Taman Cibodas yang terletak didekat gunung Gede di Cipanas. Taman ini sangat sempurna sebagai tempat untuk treking. Di sanalah para peneliti menghasilkan kina dan kopi Jawa yang terkenal di dunia.

TIPS
• Pada hari Minggu dan hari libur Kebun Raya Bogor ini biasanya sangat ramai dengan pengunjung yang ingin bertamasya bersama keluarga. Saat itu arah menuju Bogor bisa padat lalu lintas karenanya pertimbangkan waktu yang tepat saat pergi dan pulangnya.

Kebun Raya Bogor sangat luas karenanya mungkin Anda bingung memulai dari mana penelusurannya. Nah, rute ini bisa jadi pilihannya:

1. Tugu Reffles
2. Taman Teisjmann
3. Makam kuno Belanda
4. Kolam depan Istana Bogor
5. Melihat bunga bangkai (Amorphophalus titanum)
6. Jembatan Gantung Merah
7. Taman Astrid
8. Taman Air, Taman Mexico dan Patung Sapi
9. Museum Zoologi
10. Garden Shop Kebun Raya

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi menarik, yaitu bunga bangkai atau bunga titan arum (Amorphophallus titanum Becc.) dimana merupakan perbungaan terbesar di dunia mencapai tinggi 3 meter. Pada saat mekar, ia menebarkan bau bangkai sehingga mengundang serangga untuk membantu penyerbukannya. Pastikan Anda mencari tahu dan melihatnya langsung bila memungkinkan.


kebun raya bogor
Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum Becc

Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditi pertanian yang dibawa dari Afrika Barat ke Indonesia dan dikembangkan bibit awalnya di Kebun Raya Bogor. Berikutnya bibit itulah yang menjadi induk kelapa sawit se-Asia Tenggara. Menarik bukan! 

Kunjungi rumah anggrek dimana ada sekira 10.000 spesimen anggrek koleksi Kebun Raya Bogor ditampilkan di sebuah ruangan yang dilengkapi sistem fogging sebagai pengatur kelembaban.

kebun raya bogor


Istana Bogor berada di tengah halaman yang berrumput hijau dimana ratusan rusa tutul merumput setiap harinya. Ini jelas dapat Anda abadikan dengan kamera kesayangan dan pastikan berfoto dengan latar belakang Istana Bogor.

kebun raya bogor


Museum Zoologi
Selain memiliki berbagai koleksi tanaman dan suasananya yang natural, Kebun Raya Bogor juga memiliki museum fauna, di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya :  burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya, Salahsatunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu Paus biru.  

Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger yaitu ahli Botani berkebangsaan Jerman yang merupakan salahsatu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya.  J. C. Koningsberger mengumpulkan beberapa koleksi museum sebagian besar berasal dari negara Indonesia, dan sisanya berasal dari beberapa negara di dunia, salah satunya yaitu jenis kepiting berukuran besar yang berasal dari negara Jepang.

Untuk bisa sampai ke museum zoologi, pengunjung bisa menggunakan jalan yang berada di antara gedung Treub laboratorium dan guest house Nusa indah, karena letaknya berada di belakang area kedua gedung tersebut.

Baca juga museum-museum yang ada di Kota Bogor klik disini


museum zoologi bogor
Rangka Ikan Paus dengan panjang 28 meter

Beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi diantaranya adalah : 

Taman Teysmann, sebuah taman bergaya Eropa yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor
Kemudian ada lagi Taman Lebak Sudjana Kasan.


kebun raya bogor
Taman Sudjana Kasan

Jembatan Gantung Merah (JEMBATAN CINTA)
Jembatan Gantung berwarna merah ini sepertinya cukup melegenda di Kebun Raya Bogor. Biasanya digunakan untuk para calon pengantin utk foto pre-wed mereka, Tapi anak-anak pasti juga excited kok diajak menyebrang jembatan gantung ini apalagi sambil melihat ke arah sungai lebar yang melintas di bawahnya. 

Namun harus diperhatikan bahwa jembatan ini adalah jembatan gantung yang ditarik dengan kabel baja, sehingga maksimum hanya bisa menahan beban berat 5 orang di atas jembatan dalam satu waktu. Sungguh suatu pengalaman yang mengesankan dan menegangkan bagi anak-anak.


kebun raya bogor


Komplek Pemakaman Belanda
Tahukah anda ? di dekat lokasi koleksi bambu terdapat salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah, disitu terdapat komplek pemakaman belanda yang di dalamnya terdapat beberapa makam tokoh yang telah mengabdikan dirinya di Kebun Raya Bogor.

Suasana tenang, sunyi dan sedikit lembab sangat dirasakan pada area pemakaman. Komplek pemakaman tua ini sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor diresmikan oleh Caspar Georg Karl Reinwardt, yaitu pendiri sekaligus menjadi pemimpin pertama Kebun Raya Bogor pada tahun 1817.


kebun raya bogor

Pada area pemakaman terdapat 42 makam, 38 diantaranya memiliki identitas, sedangkan sisanya tak di kenal, diantaranya : makam D.J. de ee Erens, beliau adalah seorang gubernur jendral yang menjabat tahun 1836 – 1840, Mr. Ary Prins yaitu seorang ahli hukum yang pernah dua kali menjadi pejabat sementara sebagai Gubernur Jendral  Hindia Belanda.

Selain itu ada pula dua orang ahli Biologi yang meninggal pada sekitar tahun 1820-an dalam usia muda, namun keduanya dikuburkan dalam satu makam, Mereka adalah Heinrich Kuhl  dan J.C. Van Hasselt, yaitu sebagai anggota “The Netherlands Commissions for Natural Sciences” yang dikirim ke Indonesia untuk bekerja di Kebun Raya Bogor

Makam tertua di komplek pemakaman ini adalah makam seorang administrator toko obat berkebangsaan Belanda yang bernama Cornelis Potmans yang wafat pada tanggal 2 Mei 1784.

Sedangkan makam yang paling baru adalah makam Prof. Dr. A.J.G.H. Kostermans yang meninggal pada tahun 1994. beliau adalah seorang ahli Botani terkenal berkebangsaan Belanda yang menjadi warga Negara Indonesia sejak tahun 1958.


Ini adalah bukti bahwa Kebun Raya Bogor tidak hanya melestarikan berbagai jenis koleksi tanaman saja, namun beberapa peninggalan sejarah di dalamnya juga sangat diperhatikan dan terurus untuk keperluan pengetahuan masyarakat khususnya pengunjung Kebun Raya Bogor.


Makam Ratu Galuh Mangkualam
Siapa sangka, bahwa di tengah objek wisata Kebun Raya Bogor ada sebuah kuburan yang dikeramatkan. Inilah makam yang diyakini sebagai Ratu Galuh, istri Prabu Siliwangi, sebagian orang salah persepsi kalo makam ini adalah makam Prabu Siliwangi
(baca juga tentang sejarah Prabu Siliwangi).

Jika mendengar kata makam, kadang terbayang kesan mistis atau keramat. Di kawasan kompleks Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, terdapat sebuah makam keramat. Di dalam area makam tersebut diyakini terdapat makam Ratu Galuh Mangkualam yang merupakan istri kedua dari Prabu Siliwangi.


kebun raya bogor
Makam Ratu Galuh Mangkualam
Abdurrahman, sang penjaga makam menceritakan sedikit sejarah makam. Menurut dia, makam Ratu Galuh ini ada sejak 600 tahun lalu. Situs makam ini ditemukan pada tahun 1946 oleh H Rahmat yang tidak lain adalah ayahanda dari Abdurrahman sang juru kunci.

Dulunya, kondisi makam ini belum bagus seperti sekarang. Makam mulai ditata dengan rapi pada tahun 1978 oleh nenek Abdurrahman yang menurut pengakuannya adalah keturunan Brawijiya. Makam tersebut tidak pernah sepi pengunjung, baik itu untuk berwisata ataupun berziarah.

Lokasi makam tersebut berdekatan dengan Jembatan Gantung yang merupakan salah satu ikon Kebun Raya Bogor. Dari tahun ke tahun pengunjung yang datang terus bertambah dengan tujuan yang sama yaitu berziarah ke makam Ratu Galuh.


kebun raya bogor
Komplek Makam Ratu Galuh Mangkualam
"Pengunjung makam ini asalnya dari sekitar Kota Bogor, tapi ada juga turis asing yang tahu sejarah makam ini sering datang," tutur Abdurrahman.

Abdurrahman yakin ini bukan makam sembarangan. Ratu Galuh diyakininya tidak merestui kedatangan Presiden AS George W Bush beberapa tahun lalu. Akibatnya Bush tidak bisa mendarat di helipad di Kebun Raya Bogor karena hujan lebat dan angin ribut.

"Gara-gara tidak meminta izin kepada Ratu Galuh dan para sesepuh lainnya maka terjadilah bencana tersebut," cerita Abdurrahman dengan yakinnya.

Selain makam Ratu Galuh, di komplek itu juga terdapat makam sesepuh Bogor, Mbah Jepra. Dia dulunya merupakan seorang panglima kerajaan Pajajaran. Selain itu, juga ada makam Senopati Mbah Baul.

Ada semacam aturan tidak tertulis untuk mereka yang akan berziarah ke komplek 3 makam ini. Yang pertama kali harus dikunjungi adalah makam Ratu Galuh. Kemudian dilanjutkan berziarah ke makam Mbah Jepra dan diakhiri dengan mengunjungi makam senopati Mbah Baul.

Masing-masing makam mempunyai simbol tersendiri. Khusus untuk Ratu Galuh, di atas pusaranya terdapat replika mahkota berwarna emas yang terbuat dari semen. Mahkota tersebut menyimbolkan kepemimpinan atau status seorang Galuh Mangkualam.


makam prabu siliwangi


Jika lain kali Anda ke Kebun Raya, jangan hanya datang ke Jembatan Gantung atau Museum Zoologi saja. Jangan lupa, Kebun Raya memiliki objek wisata sejarah yang diyakini sebagai makam Ratu Galuh, istri dari Prabu Siliwangi. 


Garden Shop Kebun Raya Bogor 
Terletak di dekat pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor, menjual bibit tanaman hias, tanaman langka, anggrek botolan, buku-buku ilmu pengetahuan, kompos dan aneka souvenir lainnya.


kebun raya bogor
Garden Shop

Mobil Wisata dan Sepeda
Umumnya para pengunjung Kebun Raya Bogor merasa lelah setelah berjalan kaki untuk menikmati suasana di dalamnya. Maka disediakan jasa kendaraan wisata serta penyewaan sepeda untuk pengunjung. Pengunjung bisa datang ke tempat jasa kendaraan wisata yang berada di jalan kenari 1 tepatnya di dekat lokasi kolam gunting dan tugu Rafles.


kebun raya bogor

Agar pengunjung merasa nyaman saat berkeliling di Kebun Raya Bogor, Kendaraan wisata didesain dengan tempat duduk yang berderet menyamping, kondisinya terbuka serta dilengkapi atap pada setiap unitnya, dan Pada setiap kendaraan disediakan 5 sampai dengan 7 tempat duduk untuk pengunjung.

Jasa kendaraan wisata ini disediakan agar pengunjung bisa menghemat waktu dan tenaga saat menikmati suasana keindahan Kebun Raya Bogor. Selain kendaraan wisata, kami menyediakan Penyewaan sepeda yang lokasinya berada di depan Garden shop.

Jasa penyewaan sepeda disediakan untuk pengunjung yang tidak menggunakan Mobil wisata, mereka tetap bisa berkeliling untuk menikmati suasana indahnya Kebun Raya Bogor sekaligus bisa menghemat waktu dibandingkan dengan berjalan kaki. Kelebihan lainnya adalah, pengunjung bisa menelusuri jalan-jalan yang tidak dilalui oleh mobil wisata, sekaligus bisa birsantai sejenak di beberapa sudut Kebun Raya Bogor untuk menikmati suasana nyaman di sekitarnya.

Tarif Mobil Wisata dan Sepeda sebagai berikut :
- Sepeda Rp. 15.000 dengan lama penyewaan 1 jam.
- Mobil Wisata untuk Pengunjung Dewasa Rp. 15.000 dan Anak Usia 3-5 Tahun Rp. 10.000


Grand garden caffe

Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati kuliner tradisional maupun eropa, sambil bersantai ditemani suasana hijau yang di kelilingi pepohonan dengan hamparan  lapangan hijau yang luas, dimana di lapangan tersebut terdapat kolam yang berisi hiasan bunga teratai disertai gemericik air mancur. 


kebun raya bogor
Grand garden caffe (kiri), Cafe Kenari (kanan)

Grand garden caffe melayani pengunjung mulai dari pukul 09.00-22.00. Hidangan utama yang ditawarkan berupa masakan tradisional dan eropa. Serta tersedia minuman dingin dan minuman hangat.

Ditempat ini pengunjung bisa memilih spot yang disediakan oleh grand garden caffe, yaitu spot outdoor dan indoor, pada spot outdoor tersedia payung tenda dihiasi patung dengan tanaman yang indah pada halamannya. 

Sedangkan pada spot indoor, pengunjung dapat menggunakan long table (meja panjang) agar bisa berkumpul sambil menikmati hidangan bersama teman dan keluarga.  Menjelang malam hari, tempat ini di lengkapi oleh hiasan lampu yang cantik serta lampu lilin yang melengkapi suasana malam di tengah lingkungan yang natural dengan teman atau keluarga anda.

Cafe kenari

Tidak jauh dari lokasi gerbang utama Kebun Raya Bogor, tepatnya di jalan kenari 1 di sebelah garden shop. Cafe ini mulai melayani pengunjung dari pukul 08.00-16.00, cafe kenari menyediakan makanan utama, cemilan, dan aneka minuman. pengunjung yang datang bisa memilih tempat makan yang di sediakan oleh cafe kenari, yaitu gazebo dan payung tenda yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pengunjung saat menikmati hidangan cafe kenari.

Tersedia masjid bagi pengunjung kebun raya bogor untuk yang beragama Islam. 


kebun raya bogor
Salah satu Mesjid di Kebun Raya Bogor

Tepatnya di jalan kenari 1 yaitu di belakang gedung konservasi Kebun Raya Bogor, serta di jalan astrid. lokasinya tidak terlalu jauh dengan garden cafe, dengan fasilitas toilet pria/wanita dan tempat whudu di area masjid. Untuk pengunjung yang datang pada hari jumat, pengunjung bisa menggunakan fasilitas masjid yang berada di jalan astrid.

Demikian ulasan kami tentang Kebun Raya Bogor salah satu tempat wisata di Bogor, semoga bermanfaat.

Salam



auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Artikel Terkait

Destinasi Wisata di Kebun Raya Bogor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email