Museum - museum di Kota Bogor



Kalau ditanya seputar tempat wisata di Bogor, semuanya pasti akan mengarah ke Kebun Raya, Puncak, atau Highland Park. Namun, perlu diketahui kalau tempat wisata di Bogor yang asyik itu tidak hanya tempat-tempat itu saja. Di Bogor ada beberapa museum yang menurut saya juga sangat menarik. Apakah itu? 

tempat wisata di bogor
Patung Jenderal Sudirman dan Supriyadi di Pintu Masuk
Museum Peta Bogor
Alamat : Jl.  Jenderal Sudirman gedung No.35. 
Telp : (0251) 332768



Museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air) atas prakarsa YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA dan kontribusinya pada pendirian bangsa dan negara ini. Disamping untuk memberikan gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia dan persiapan dalam mengisi kemerdekaan tersebut.  Persiapan pendirian museum dimulai pada tanggal 14 Nopember 1993  dengan peletakan batu pertamanya oleh Wakil Presiden RI, yang juga sesepuh YAPETA, yaitu Bapak Umar Wirahadikusumah.  Museum ini sebelumnya membaur dengan komplek zeni.



Gedung ini diresmikan sebagai Museum yang didedikasikan untuk para prajurit PETA pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II) juga sebagai mantan Perwira PETA angkatan I. Lokasi gedung  terletak sekitar 700m dari Istana Bogor. pada tahun 1943 gedung ini  digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air (walaupun masih di bawah kontrol Jepang) . Namun di kemudian hari , pasukan PETA sering mengadakan perlawanan ke pihak jepang . dan PETA ini lah yang akhirnya menjadi salah satu cikal bakal satuan yang bersatu membentuk BKR (lalu TKR dan lalu TNI) .

Tentara Peta merupakan tentara kebangsaan yang oleh pemimpin-pemimpin pergerakan kebangsaan Tanah Air saat itu dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Kota Bogor inilah pertama kali diselenggarakan pembentukan taruna-taruna yang kemudian melahirkan perwira-perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, Tentara Kebangsaan Indonesia. Di bumi prajurit Pabaton Bogor inilah telah dibangkitkan jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang menggerakan setiap perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air untuk dikemudian hari berperan didalam gerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pada pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Indonesia.  

tempat wisata di bogor

Kota Bogor inilah dahulu yang menjadi  pusat latihan tentara yang bernama Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Sehingga pada tanggal 19 Oktober 1995, melalui surat keputusan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor.3/kep/DPRD/1995 telah menetapkan Bogor sebagai Kota Pembela Tanah Air (PETA).   Hal tersebut semakin mengukuhkan Bogor sebagai bumi keprajuritan yang melahirkan perwira-perwira tangguh, yang kemudian berperan besar dalam gerakan persiapan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia yang merupakan cikal bakal terbentuknya TNI.

Koleksi Museum
Seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Museum Peta memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara Peta dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan. Pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat dibekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton Bogor, sekarang menjadi Jl. Jend. Sudirman dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air.

Koleksi yang ada di Museum Peta, terdiri atas: Relief/Monumen, yang menceritakan dari awal terbentuknya tentara PETA dan terjadinya pertempuran tentara PETA melawan Penjajah. Koleksi patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya.

Akses Menuju Lokasi: 
Dari Stasiun Kota Bogor:  Naik Angkutan 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan Jalak Harupat kemudian menyebrang dan naik angkutan umum nomor 12(Pasar Anyar-Taman Cimanggu), turun di depan museum.
Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan kota dari terminal Baranangsiang(BS) nomor 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan Jalak Harupat kemudian menyebrang dan naik angkutan umum nomor 12(Pasar Anyar-Taman Cimanggu), turun di depan museum.



Museum Perjuangan Bogor


tempat wisata di bogor

Museum perjuangan Bogor didirikan melalui musyawarah para tokoh Pejuang Karesidenan Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Depok. Diprakasai dan diresmikan oleh Mayor Ishak Djuarsah PEKUMIL. Daerah Res. INF. 8 Suryakancana Devisi III Siliwangi, pada tanggal 10 Nopember 1957. Pendirian museum dmaksudkan untuk mewariskan semangat dan jiwa juang serta nilai – nilai '45 kepada generasi sekarang dan yang akan datang.

Gedung yang digunakan sebagai museum, sebelumnya adalah  milik seorang pengusaha Belanda yang bernama Wilhelm Gustaf Wissner. Dibangun pada tahun 1879 yang pada awalnya digunakan sebagai gudang ekspor komoditas pertanian sebelum dikirim ke negara-negara di Eropa. 


tempat wisata di bogor

Pada masa pergerakan gedung ini digunakan oleh PARINDRA pada tahun 1935  dengan nama gedung PERSAUDARAAN, dan digunakan sebagai tempat kegiatan pemuda dibawah panji-panji Kepanduan Indonesia yaitu Pandu Suryawirawan. Pada tahun 1942 digunakan sebagai gudang tentara Jepang untuk menyimpan barang – barang milik interniran Belanda, kemudian digunakan untuk menyambut dan mempertahankan kemerdekaan RI pada tahun 1945. 

Diantara tahun 1945-1950 dipergunakan oleh KNI Karesidenan Bogor, Gelora Rakyat, Dewan Pertahanan Karesidenan Bogor, Call Sigen RRI Perjuangan Karesidenan Bogor, GABSI Cab. Bogor, dan Kantor Pemerintah sementara Kabupaten Bogor. Pada tahun 1052-1958 dimiliki dan ditempati oleh Umar Bin Usman Albawahab .Baru pada tanggal 20 Mei 1958 gedung ini dihibahkan dari pemiliknya yang terakhir yaitu Umar Bin Usman Albawahab menjadi Museum Perjuangan Bogor.

Koleksi Museum



Koleksi museum terdiri atas macam-macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan, juga terdapat senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris, mata uang serta  dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya. 


tempat wisata di bogor

Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi pakaian pejuang yang sebagian di antaranya memiliki noda darah asli.

Lokasi: 
Jl. Jalan Merdeka No.56, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 16124
Koordinat : 6° 35' 35" S, 106° 47' 16" E
Telepon: (0251) 8326377, Fax (0251) 8326377

Akses Menuju Lokasi:
Dari Stasiun Kota Bogor: Naik angkutan kota nomor 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan merdeka(depan bank Mandiri). Kemudian naik angkutan umum nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum Perjuangan.

Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan umum dari stasiun Bogor nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum Perjuangan.



Museum Zoologi


tempat wisata di bogor

Museum zoologi Bogor didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus 1894. Museum Zoologi Bogor mulanya hanyalah sebuah laboratorium kecil di sudut Kebun Raya Bogor (dulu bernama Lands Plantentuin).

tempat wisata di bogor

Ketika didirikan pada 1894, laboratorium ini diawaki segelintir ilmuwan yang ditugasi meneliti hama serangga pada tanaman. Tetapi kemudian MZB berevolusi menjadi lembaga kelas dunia.   


tempat wisata di bogor

Museum seluas 1.500 m2 ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia. Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. 


tempat wisata di bogor

Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru "balanoptera musculus" terbesar di Indonesia.


tempat wisata di bogor
28 meter Panjang Rangka Ikan Paus Biru
Keterangan :
Buka : Setiap hari Sabtu-Kamis, dari 08.00 sampai 16.00.
Hari Jumat : Buka sampai sebelum shalat Jum'at.
Tiket Masuk : Dengan Tiket Kebun Raya Bogor  sudah termasuk tiket masuk Museum Zoologi Bogor.

Alamat : Jl.  Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, Jawa Barat.
Telp : (0251) 8322226


tempat wisata di bogor

Akses Menuju Lokasi:
Dari Stasiun Kota Bogor: Naik angkutan kota dari stasiun Bogor nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum zoologi.
Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan kota nomor 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan merdeka(depan bank Mandiri). Kemudian naik angkutan umum nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum zoologi.




tempat wisata di bogor

Bagi yang pertama kali mendengarnya mungkin terdengar asing dan tidak lazim. Museum Tanah? Museum yang terbuat dari tanah? atau museum yang isinya tanah? Ya, itu adalah pertanyaan-pertanyaan lazim yang biasa ditanyakan oleh mereka yang belum tahu, termasuk saya sebelum berkunjung ke sini.


Berawal dari didirikannya "Laboratorium voor Agrogeologie en Grond Onderzoek" sebagai bagian dari Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor) oleh pemerintah Belanda pada tahun 1905 , yang kemudian menjadi menjadi Bodemkundig Instituut Tahun 1942, pada masa penjajahan Jepang, berubah nama menjadi Dozyoobu dan saat  Negara Republik Indonesia baru saja diproklamirkan, nama Bodemkundig Instituut kembali digunakan.

tempat wisata di bogor

Pada tahun 1950 nomenklaturnya menjadi Balai Penyelidikan Tanah, dan tahun 1961 menjadi Lembaga Penyelidikan Tanah. Setahun kemudian (1962), namanya berubah lagi menjadi Lembaga Penyelidikan Tanah dan Pemupukan.  Kemudian menjadi Lembaga Penelitian Tanah pada tahun 1976, dan menjadi Pusat Penelitian Tanah pada tahun 1981.

Pada tahun 1990 mandat penelitian diperluas ke bidang agroklimatologi. Konsekuensinya, nama institusi ini  dirubah menjadi Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat (Puslittanak). Setelah Otonomi Daerah, yakni pada tahun 2001 nama ini berubah lagi menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat (Puslitbangtanak). Pada tahun 2002 Puslitbangtanak mempunyai tiga balai penelitian. Salah satunya adalah Balai Penelitian Tanah (Balittanah).


Balai Penelitian Tanah (Balittanah) bertugas melakukan penelitian untuk menghasilkan teknologi dan informasi sumberdaya dan pengelolaan tanah serta memberikan pelayanan dalam bidang analisis tanah, air, tanaman, dan pupuk, pemetaan, analisis data penginderaan jauh (inderaja), pelayanan basis data tabular dan spasial (menggunakan GIS), serta berbagai pelayanan lain yang berhubungan dengan informasi dan teknologi pengelolaan tanah.

Sejak tanggal 29 September 1988, Balai Penelitian Tanah meresmikan pendirian Museum Tanah yang bekerjasama dengan International Soil Reference and Information Centre (ISRIC) Wageningen Belanda. Museum Tanah merupakan tempat menyimpan model/contoh tanah sebagai koleksi berbagai macam tanah di Indonesia dengan maksud sebagai sumber informasi dalam hal sumberdaya tanah bagi mendukung pembangunan pertanian.

tempat wisata di bogor

Koleksi Museum Tanah terdiri atas macam-macam tanah yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit, macam-macam batuan, contoh-contoh pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, alat survei tanah. 

Koleksi museum Tanah dibagi dalam 6 bagian, yaitu:
monolit, batuan, peralatan survey, teknologi pengolahan tanah, peta-peta dan informasi lain.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda no.98, Bogor 16123 
Koordinat : 6° 36' 13" S, 106° 47' 53" E
Telepon: (0251) 8336757 – 8321608   



tempat wisata di bogor

A. Letak Geografis
Museum Etnobotani Indonesia terletak di tengah kota Bogor gabung dengan gedung Herbarium Bogoriense, tepatnya berada di jalan Ir. H. Juanda no 22-24 Bogor. 

B. Pengertian Etnobotani
Istilah Etnobotani diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 1895 oleh seorang Antropologi Amerika bernama Harshberger yang mencakup pengetahuan tentang jenis-jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan, pakaian, bangunan, pekakas, obat-obatan dan sesaji dalam upacara adat dan lain-lain. Etnobotani secara etimologi berasal dari kata “etno” yang berarti bangsa dan “botani” ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan. Jadi, Etnobotani adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara tumbuh-tumbuhan yang dimanfaatkan oleh suku/bangsa tertentu atau penduduk asli untuk kepentingan hidup sehari-hari. 

tempat wisata di bogor

Gagasan untuk mendirikan Museum Etnobotani (MEI) mula-mula dicetuskan oleh Prof. Sarwono Prawirohardjo, yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) sekarang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bertepatan dengan peletakan batu pertama pembangunan Herbarium Bogoriense pada tahun 1962. Gagasan tersebut dimantapkan kembali ketika Dr. Setiaji Sastrapraja yang menjabat sebagai Direktur Lembaga Biologi Nasional (LBN) pada tahun 1975 mengadakan pertemuan dengan para tokoh permuseuman, ahli ilmu sosial, kemasrakatan dan antrofologi serta pakar-pakar botani. 

tempat wisata di bogor
Bahan  Jamu atau Obat Traditional
Koleksi aretefakta dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia oleh para peneliti yang khususnya dari Lembaga Biologi Nasional atau Puslit Biologi sekarang. 

tempat wisata di bogor
Etnobotani Indonesia Timur
Setelah melalui proses yang panjang, Museum Etnobotani terwujud dan diresmikan oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie pada tanggal 18 Mei 1982 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Kebun Raya Indonesia di Bogor yang ke 165.

tempat wisata di bogor
Berbagai Kerajinan Tangan Olahan dari Rotan

Tugas dan Fungsi Museum Etnobotani Indonesia
Tugas dan fungsi Museum Etnobotani Indonesia yaitu :
  1. Melestasrikan kekayaan Pemanfaatan Tumbuhan oleh suku bangsa atau penduduk asli di Indonesia.
  2. Sebagai sarana Informasi sekitar ruang lingkup Etnobotani.

tempat wisata di bogor
Aneka Fungsi Buah Labu
Tak kurang dari 1700 koleksi yang ada di Museum Etnobotani Indonesia, termasuk di dalamnya puluhan ribu koleksi sampel tanaman dalam botol yang tak mungkin saya jelaskan satu persatu. Tiga ribu rupiah sebagai harga tiket masuk, sungguh nilai yang tidak sebanding dengan banyaknya pengetahuan yang kita dapatkan saat berkunjung. 
tempat wisata di bogor
Aneka Mainan Traditional
Saran saya, singgahlah ke museum ini kala anda berkunjung ke Bogor, bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki putra-putri, bawalah mereka kemari. Saya yakin mereka akan kagum dan bangga terlahir sebagai anak Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati dan budaya.

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda no. 24.
Telepon : (0251) - 8322035 Faks : (0251)- 8336538

Keterangan :
Jam Buka: Senin – Jumat, pukul 08.00-16.00 Tutup: Sabtu, Minggu dan hari besar libur.
Tiket: Rp 3.000,00.

Akses Menuju Lokasi :
Dari Stasiun Kota Bogor : Naik angkot 02.Suksasari turun di museum etnobotani.
Dari Terminal Baranangsiang Bogor  : Naik angkot  03, turun di istana bogor. naik angkot 02 turun di museum etnobotani.

Demikian ulasan tempat wisata di Bogor yaitu beberapa musesum di Kota Bogor, semoga bisa menjadi alternatif untuk berwisata di Kota Bogor dengan budget murah serta mendapat wawasan dan pengetahuan baru. Selamat berlibur..



Artikel Terkait

Museum - museum di Kota Bogor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email