Tips Untuk Liburan ke lombok Seru dan Hemat



TempatwisatadibogorTips Untuk Liburan ke lombok Seru dan HematSebagai satu dari sekian pulau tropis yang terletak di Indonesia, Lombok banyak dikenal dengan pesona alam mulai dari keindahan gunung dan perbukitannya hingga keelokan baharinya, tak heran jika jumlah obyek wisata yang ada di tempat ini begitu melimpah.  Oleh karena itulahLombok menjadi destinasi wisata kedua yang paling diminati, setelah Bali, oleh sebagian besar wisatawan domestik. Terlebih bagi mereka yang sedang mencari tempat untuk menghabiskan masa bulan madu, Lombok menawarkan berbagai tempat dengan seusana romantis untuk menghabiskan masa bulan madu dengan pasangan.




Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba pengalamanan menikmati pesona alam Lombok, kamu bisa menjadikan beberapa tips liburan ke Lombok yang kami bahas berikut sebagai panduan agar jadwal liburan kamu lebih lancar dan enjoy di sana.


Tips Untuk Liburan ke lombok Seru dan Hemat



Atur jadwal dan berbagai persiapan dengan cermat

Melakukan travelling secara spontanitas mungkin akan memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda, namun di sisi lain hal ini juga kurang tepat dilakukan untuk beberapa situasi. Jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Lombiok bersama keluarga atau rame-rame, berbagai hal perlu dipertimbangkan sebelum menginjakkan kaki di tanah tropis ini.



Waktu juga menjadi hal lain yang perlu jadi pertimbangan lain. Agar waktu kamu tak terbuang percuma hanya untuk sekedar mencari informasi ketika berada di lokasi, tips liburan ke Lombok yang pertama yaitu berburulah info jauh-jauh hari sebelumnya. Cari semua informasi pendukung agar liburanmu ke Lombok tak ada masalah, mulai dari lokasi dan tarif penginapan, transportasi yang tersedia, hingga akses kawasan wisata dari penginapan bagaimana. Semua hal ini akan membuat waktu yang kamu habiskan di sana lebih berkualitas.


Tentukan preferensi obyek wisata

Lombok yang notabene menyuguhkan obyek wisata lengkap, jangan malah membuat kamu kebingungan memilih prioritas tempat yang ingin dikunjungi. Untuk menghindari hal tersebut, tips liburan ke Lombok yang tak kalah penting adalah penentuan preferensi wisata terlebih dulu.




Bagi kamu yang lebih menginginkan suasana liburan pegunungan yang elok dan sejuk, Sembalun bisa dijadikan destinasi wisatamu. Tak jauh dari lokasi kamu juga bisa meneruskan ke gunung Rinjani jika punya stamina dan waktu yang memadai.

Lain hal bagi kamu penyuka wisata pantai, Lombok merupakan surga yang kamu cari. Ada beberapa pantai eksotis yang layak jadi destinasimu, antaranya Gili Trawangan dan Pantai Selong Belanak yang populer dengan wisata airnya. Kalau memutuskan ke pantai, usahakan untuk belajar berenang sebelumnya, karena jika tidak, kamu akan kecewa tidak mengeksplorasi keindahan alam lautnya.

Selain kekayaan dan keindahan alamnya, Lombok juga menawarkan kekayaan budaya dan kearifan lokal bagi siapa saja yang ingin mengenal Lombok lebih jauh lagi. Ada beberapa desa di Lombok yang sengaja dijadikan desa wisata karena kental akan adat istiadatnya, salah satunya desa Sade. Desa ini mejadi salah satu desa yang ditempati oleh suku asli Lombok yakni suku Sasak. Kalau kamu berniat mengunjungi desa-desa adat ini, usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan mengingat sebagaian besar suku ini adalah muslim.


Sewa kendaraan yang pas




Meski kendaraan umum semisal bemo dan cidomo banyak ditemui di daerah luar Mataram, tak ada salahnya bukan untuk menyewa kendaraan jika kamu ingin lebih leluasa dan fleksibel. Ada dua opsi, yakni motor dan mobil. Pilih yang sesuai dengan jumlah individu yang berlibur bersama kamu. Jika hanya berdua maka motor akan jadi moda transportasi yang lebih cocok untuk mengeksplor keindahan alam sekitar.


Sempatkan untuk mencoba kuliner khas



Tips liburan ke Lombok lain yang patut kamu coba adalah mencicipi kuliner khasnya. Memuaskan urusan perut memang bukan prioritas utama, tapi jika kamu telah datang jauh-jauh ke Lombok, rugi bukan rasanya jika tak sempat icip-icip kuliner khasnya, terutama bagi kamu pecinta masakan pedas kaya akan rempah. Dua kuliner khas andalan Lombok yakni Sate Rembiga dan Ayam Taliwang. Dua kuliner andalan ini dijamin siap memanjakan lidah dan perut kamu.


Biasakan untuk menawar harga terlebih dulu



Sesampainya di obyek wisata lombok, akan banyak penduduk lokal yang coba menawarkan berbagai fasilitas penunjang untuk berwisata seperti penyedia jasa snorkeling atau penyewaan kendaraan. Di sini harga yang kamu dapatkan akan sangat bergantung pada kelihaian kamu dalam menawar harga yang ditetapkan. Jika kamu lumayan pandai, harga yang diberikan bisa lumayan jauh dari harga normal yang ditetapkan pertama.


Jangan kelewatan festival adatnya



Lombok memiliki salah satu festival adat yang banyak menjadi daya tarik bagi wisatan yakni Bau Nyale. Jika kamu berencana mengunjungi wisata pantai di Lombok, tips liburan ke lombok terakhir sebaiknya carilah jadwal yang bertepatan dengan festival tersebut. Bau nyale sendiri biasanya diadakan di awal tahun yaitu antara bulan Februari hingga Maret, dimana pada bulan-bulan tersebut Nyale banyak muncul disekitaran pantai. Nyale sendiri merupakan sebutan untuk cacing lalut yang dianggap sebagai jelmaan putri Mandalika oleh suku Sasak.

Baca Juga :

Demikian tips wisata kali ini yang bisa kami bagikan untuk kalian mengenai Tips Untuk Liburan ke lombok Seru dan Hemat, silahkan berlibur sejenak untuk merefresh pikiran setelah sekian lama bekerja :D, semoga bermanfaat kawan :D

Posted By : Flady Nasrulloh

Tag : cerita liburan ke lombok,rute wisata lombok,panduan wisata ke lombok,tips ke lombok,cerita perjalanan ke lombok,tips backpacker ke lombok,review liburan ke lombok,wisata hemat di lombok

Artikel Terkait

Tips Untuk Liburan ke lombok Seru dan Hemat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email